CONTOH PROPOSAL KESENIAN


PROPOSAL
KEGIATAN PELESTARIAN BUDAYA KEARIFAN LOKAL
“ SANGGAR TARI SATYA DHARMA “
DESA BALINURAGA KECAMATAN WAY PANJI
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN



1.      LATAR BELAKANG
Ditengah dinamika masyarakat yang sedang membangun disegala bidang untuk meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin sesuai dengan amanat UUD 1945 yang didalamnya mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat baik sosial maupun budaya, terus diupayakan Pemerintah agar kesejahteraan segera terwujud. Termasuk didalamnya adalah Pembangunan di bidang seni dan budaya yang merupakan aset bangsa dan kekayaan bangsa dengan segala keragamannya adalah modal besar bagi Pembangunan Nasional.

Peran serta masyarakat dalam turut melestarikan nilai-nilai budaya sangatlah diperlukan karena kelompok masyarakat adalah subjek dan objek dari salah satu Program Pembangunan di negeri ini. Berbagai tingkatan profesi termasuk peranan para seniman adalah hal penting bagi tumbuh dan berkembangnya kebudayaan bangsa agar nilai-nilai budaya dan kesenian daerah tetap terpelihara secara utuh sebagai nilai-nilai kearifan lokal yang harus diwariskan pada generasi muda. Namun tentunya di era globalisasi dan modernisasi seperti saat ini perjuangan untuk melestarikan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya bukanlah hal yang mudah, di butuhkan kesungguhan dan keseriusan dari berbagai komponen terkait baik unsur masyarakat selaku pelaku seni maupun pemerintah sebagai fasilitator dan pembina terhadap kelompok-kelompok kesenian daerah yang tumbuh dan berkembang didaerah masing-masing.

Lingkungan Sanggar Tari Satya Dharma yang berkedudukan di Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan adalah salah satu kelompok kesenian Tradisional yang berkiprah di bidang seni Gamelan tradisional dan seni tari yang didirikan sejak tahun 1990, keberadaan kami saat ini sulit untuk berkembang disebabkan beberapa faktor baik dari segi sarana dan prasarana yang tidak memadai yang dapat mempengaruhi terhadap perkembangan dan kehidupan kesenian tradisional. Derasnya budaya asing yang masuk ke negeri ini, kehidupan masyarakat yang semakin maju, teknologi yang makin canggih lebih parahnya lagi banyak generasi muda yang tidak mengenal kesenian yang tumbuh di daerahnya hal ini menjadi semakin sulitnya kesenian kesnian tradisional untuk bisa bertahan hidup.

Namun tentunya hal ini adalah tantangan bagi kita semua untuk dapat mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa dan kesenian daerah yang kita miliki. Dengan berdasar pada kondisi itulah Sanggar Tari Satya Dharma Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan ingin turut berkiprah melestarikan seni tari memalui pembinaan terhadap anak-anak muda-mudi generasi penerus bangsa, walaupun dalam kondisi sulit baik dari segi peralatan yang tersedia maupun minat anak muda terhadap kesenian daerah, namun kami tetap berusaha agar kesenian daerah yang kita miliki tetap terpelihara serta harapannya bisa tumbuh dan berkembang.

Dengan dasar pemikiran itulah kami ajukan proposal ini sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam mempertahankan nilai-nilai budaya sebagai nilai-nilai kearifan lokal yang patut kita wariskan pada generasi muda untuk menumbuh kembangkan jiwa rasa memiliki dan mencintai terhadap budaya bangsanya sendiri yang sekaligus merupakan jati diri bangsa kita yang tertanam kuat sejak lama.


II.  MAKSUD DAN TUJUAN
A.     MAKSUD
1.   Membangun dan melestarikan Kesenian Daerah terutama Gamelan Tradisional dan Tari-tarian daerah sebagai seni pertunjukan yang merupakan bagian dari kesenian Bali yang tumbuh dan berkembang di masyarakat termasuk di wilayah Kabupaten Lampung Selatan
2.  Untuk menumbuh kembangkan kearifan lokal pada generasi muda sebagai generasi penerus lewat pengenalan dan keterlibatan mereka dalam kreatifitas Seni pertunjukan
3.   Mengangkat dan mengembalikan eksistensi peranan seni pertunjukan sebagai media yang efektif bagi masyarakat baik sebagai media sosial maupun hiburan dan tontonan yang memiliki nilai-nilai karakter bangsa

B.     TUJUAN
1.  Melestarikan kesenian gamelan tradisonal dan tari-tarian serta mengembangkannya dikalangan generasi muda khususnya di Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan bagian dari wilayah Propinsi Lampung
2.  Melaksanakan pembinaan dan latihan bagi kalangan muda sebagai generasi penerus bangsa

C.      BENTUK KEGIATAN
1.     Latihan Gamelan dan Tari-tarian
2.  Melaksanakan pementasan pada acara-acara peringatan hari besar nasional ataupun keperluan masyarakat jika ada yang membutuhkan.

D.     PROFIL SANGGAR TARI SATYA DHARMA
1.     Pelindung             : Kepala Desa Balinuraga
2.     Pembina               : I Wayan Gambar
3.     Ketua                   : I Komang Sinten, S.Ag.
4.     Bendahara            :
5.     Sekretaris             : Wayan Suherman

E.      SARANA DAN PRASARANA YANG DI PERLUKAN
     Untuk menunjang Kegiatan di maksud kami sangat membutuhkan sarana dan prasarana sebagai berikut :

NO
JENIS KEBUTUHAN
VOLUME
DIUANGKAN (Rp)

















II.  PENUTUP
Demikian proposal ini kami ajukan dengan harapan dapatlah kiranya kita semua tersentuh untuk bersama-sama melestarikan dan kembali menumbuh kembangkan kesenian-kesnian daerah yang konsdisinya saat ini memprihatikan ditengah-tengah masyarakat modern yang terus tumbuh dan berkembang dengan pesat. Hingga kondisi saat ini banyak mempengaruhi terhadap kehidupan nilai-nilai seni dan budaya bangsa di kalangan generasi muda kita.

Penyelamatan nilai-nilai kearifan lokal adalah tanggung jawab kita semua masyarakat pelaku seni, Budayawan dan Pemerintah sehingga cita-cita bangsa akan terwujud dengan tidak kehilangan jati diri Bangsa. Akhirnya semoga usaha dan niat baik kita untuk membangun bangsa dan negeri ini melalui seni budaya mendapat restu dari Tuhan Yang Maha Esa.


Pengurus Sanggar Tari Satya Dharma
Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji

Ketua                                                                                      Sekretaris



I KOMANG SINTEN, S.Ag.                                                     WAYAN SUHERMAN







SANGGAR TARI SATYA DHARMA
DESA BALINURAGA
Jln. Raya Balinuraga Kecamatan Way Panji Kode Pos 35453
 


   Balinuraga, 10 Juni 2013

   Kepada Yth, :
Nomor : 01/ S.D /VI/2013                                       Bapak Direktur Perlindungan Sosial
Perihal : 1 (Satu) Berkas                                          Korban Bencana Sosial
Perihal : Permohonan Bantuan                              Cq. Dinas Sosial Kab. Lampung Selatan
             Kegiatan Pelestarian Budaya                    Di-
             Kearifan Lokal                                               KALIANDA


Dengan Hormat,
Seiring dengan Program Pelestarian Budaya Kearifan Lokal sebagai upaya Pemerintah dalam memelihara nilai-nilaiseni dan budaya di Kabupaten Lampung Selatan, sejalan dengan itu pula Sanggar Tari Satya Dharma turut berupaya dalam melestarikan kesenian daerah berupa seni pertunjukan Gamelan dan tari-tarian, ditengah-tengah kehidupan masyarakat yang semakin maju. Melalui pembinaan dan latihan terhadap generasi muda agar mereka mengenal dan merasa memiliki terhadap kesenian daerahnya.

Maka untuk menjaga kesinambungan dan pelestarian kesenian gamelan dan tari sebagai seni pertunjukan di Kabupaten Lampung Selatan, dengan ini kami mengajukan Permohonan Kegiatan Pelestarian Kearifan Lokal bagi generasi muda di Desa kami khususnya umumnya di Kabupaten Lampung Selatan. Untuk terwujudnya tujuan di atas besar harapan kami dapatlah kiranya permohonan bantuan ini dapat terkabulkan.

Demikian permohonan ini kami ajukan, semoga usaha-usaha dan niat baik kita untuk membangun bangsa ini selalu ridho Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala perhatian dan bantuannya kami haturkan terima kasih.

Pengurus Sanggar Tari Satya Dharma
Ketua                                                                                      Sekretaris


I KOMANG SINTEN, S.Ag.                                                      WAYAN SUHERMAN

Tembusan Yth, :
1.      Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan

2.      Kepala Dinas Sosial Propinsi Lampung

1 komentar:

  1. According to Stanford Medical, It is in fact the SINGLE reason women in this country live 10 years longer and weigh 19 KG less than we do.

    (And actually, it is not about genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING to do with "HOW" they are eating.)

    P.S, I said "HOW", not "WHAT"...

    Click this link to see if this short test can help you release your true weight loss potential

    BalasHapus